Petir Berarus Listrik Terbesar

Written By Unknown on Rabu, 09 September 2015 | 02.47

CV. Mitra Technic Global Purwokerto - Jalan Jatilawang Purwokerto Km. 39 - Jaya Petir Spesialis Instalasi Penangkal Petir Indonesia Jawa Tengah berkantor di Jatilawang Banyumas.
CV. Mitra Technic Global Purwokerto - Jalan Jatilawang Purwokerto Km. 39 - Aneka Petir Jaya Petir Spesialis Instalasi Penangkal Petir Indonesia Jawa Tengah berkantor di Jatilawang Banyumas. Kami melayani pemasangan penangkal petir untuk segala macam bangunan dan siap melayani setiap kebutuhan anda dalam bidang penangkal petir. saat ini kami yang terbaik dalam bidangnya, kami telah memasang instalasi penangkal petir di berbagai wilayah di Indonesia, juga daerah kami seperti pemasangan penangkal petir di Purwokerto, Gombong, Cilacap, Banjarnegara, Bumiayu, Wangon, Banjar Jawa Barat, Yogyakarta dan sekitarnya. Jika anda ingin memasang penangkal petir untuk bangunan anda, segera hubungi kami.

Petir terjadi disebabkan oleh adanya muatan listrik diudara, dimasa depan diharapkan setiap rumah memiliki sebuah perangkat diatas atap untuk menangkap muatan listrik tersebut dan disalurkan kedalam rumah sehingga dapat menghasilkan energy yang bersih dan murah.

Energi yang dilepaskan oleh satu sambaran petir lebih besar dari pada yang dihasilkan oleh seluruh pusat pembangkit tenaga listrik di Amerika. Suhu pada jalur di mana petir terbentuk dapat mencapai 10.000 derajat. Cahaya yang dikeluarkan oleh petir lebih terang daripada cahaya 10 juta bola lampu pijar berdaya 100 watt. Sebuah sambaran petir berukuran rata-rata memiliki energi yang dapat menyalakan sebuah bola lampu 100 watt selama lebih dari 3 bulan. Sebuah sambaran kilat berukuran rata-rata mengandung kekuatan listrik sebesar 20.000 amp. Sebuah las menggunakan 250-400 amp untuk mengelas baja. Kilat bergerak dengan kecepatan 150.000 km/detik, atau setengah kecepatan cahaya, dan 100.000 kali lipat lebih cepat daripada suara Kilatan yang terbentuk turun sangat cepat ke bumi dengan kecepatan 96.000 km/jam.

Majalah Intisari pada edisi September 2002 mengatakan bahwa petir berarus listrik terbesar terdapat di Indonesia, tepatnya di daerah Depok. PLN Cabang Depok, pada bulan April, Mei dan Juni 2002, mensponsori penelitian untuk mengenali perilaku petir di wilayah kota di selatan Jakarta dengan menggunakan teknologi lighting position and tracking system (LPATS). Tak disangka, para peneliti mendapati arus petir negatif berkekuatan 379,2 kA (kilo Ampere) dan petir positif mencapai 441,1 kA.

Dengan kuat arus sebesar itu, petir mampu meratakan bangunan yang terbuat dari beton sekalipun. Selama ini, Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan sambaran petir cukup tinggi. Kondisi meteorologis Indonesia memang sangat ideal bagi terciptanya petir. Tiga syarat pembentukan petir yaitu udara naik, kelembaban, dan partikel bebas atau aerosol, terpenuhi dengan baik di Indonesia sebagai negara maritim.

Sambaran petir di Depok terjadi hampir sepanjang tahun. Yang tertinggi pada bulan Maret, April, dan Mei, atau pada musim hujan. Sambaran agak mereda di bulan Februari. Warta Kota juga mengutip data yang didapat pada laboratorium di ITB, Jaringan Deteksi Petir Nasional, bahwa Indonesia memiliki hari guruh (hari terjadinya petir dalam setahun) 200 hari. Sementara Brasil 140 hari, Amerika Serikat 100 hari, dan Afrika Selatan 60 hari.

Ketika langit berawan, tidak semua awan adalah awan petir. Hanya awan cumulonimbus yang menghasilkan petir. Petir terjadi karena pelepasan muatan listrik dari satu awan cumulonimbus ke awan lainnya, atau dari awan langsung ke Bumi.

Nah sekarang pertanyaannya bagaimana cara memanfaatkan energy petir yang sangat besar tersebut agar tak terbuang percuma, energy sebesar itu pastilah diciptakan yang maha kuasa untuk suatu tujuan tertentu, tinggal bagaimana kita sebagai manusia untuk memanfaatkannya. beberapa penelitian memang sudah ada yang diarahkan untuk memanfaatkan energy petir, namun penelitian tersebut masih membutuhkan waktu yang panjang untuk mencapai sempurna. 



CV. Tri Jaya Lutbi Technic
<div style="background-color: #30a3f0;"><a href="http://www.zopiny.com/" title="">Share Anonymously</a></div>
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Login | Maintenance Portal
Copyright © 2015. Spesialis Instalasi Penangkal Petir - Aneka Petir CV Mitra Technic Global - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogsite