Home » » Penangkal Petir Elektrostatis

Penangkal Petir Elektrostatis

Written By Unknown on Selasa, 14 Juli 2015 | 02.29


Teknologi Penangkal Petir Elektrostatis / Radius / ESE
Jaya Petir - CV. Mitra Technic Global Purwokerto - Jalan Jatilawang Purwokerto Km. 39 - Spesialis Instalasi Penangkal Petir Jawa Tengah. Setelah berjalan beberapa lama, para peneliti menemukan banyak sekali kekurangan dari sistem penangkal petir konvensional warisan dari Pakde Franklin dan Om Faraday. Karena itu para ahli dan praktisi bekerja keras untuk memodifikasi dan menyempurnakan teknologi penangkal petir, hingga akhirnya terciptalah teknologi yang benar-benar baru yaitu teknologi Penangkal Petir Elektrostatis.

Berbeda dengan penangkal petir konvensional yang bersifat pasif, Penangkal Petir Elektrostatis memodifikasi cara kerja penangkal petir menjadi bersifat aktif. Kenapa dikatakan aktif, karena oleh instalatir, ujung terminal penangkal petir ditinggikan dalam jarak tertentu sehingga penangkal petir dapat dikatakan seakan-akan "menjemput petir. Fungsinya yaitu memberikan perlindungan yang lebih besar dan berbentuk seperti payung dalam radius tertentu. Oleh karena itu Penangkal Petir Elektrostatis sering disebut juga sebagai Penangkal Petir Radius.

Cara kerja Penangkal Petir Elektrostatis, berbeda dengan Penangkal Petir Konvensional. Penangkal Petir Elektrostatis menambahkan 1 elemen yang tidak ada dalam penangkal petir konvensional, yaitu Head Terminal. Head Terminal adalah elemen hasil penemuan teknologi terbaru yang sengaja "dikorbankan" untuk menantang petir.

Cara kerjanya adalah dengan cara menambahkan muatan listrik statis di ujung finial (splitzer) sehingga head dapat menarik dan mengumpulkan ion-ion positif (+) dalam jumlah besar dari dalam bumi. Mekanisme selanjutnya ibarat magnet, head akan menarik ion-ion negatif (-) di dalam awan sebelum ion-ion tersebut berkumpul semakin banyak dan menghasilkan kekuatan petir yang amat sangat dahsyat.

Semakin tinggi jangkauan head terminal. Akan semakin besar radius perlindungan yang diberikan penangkal petir. Daerah didalam radius perlindungan terminal, akan aman dari jangkauan petir. Oleh karena itu, sebelum memasang instalatir, kami selalu mengadakan survey lapangan agar tujuan pemasangan dapat memenuhi keinginan konsumen dan sesuai dengan Standar Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3).

Karena daya perlindungannya yang lebih luas daripada Penangkal Petir Konvensional, maka dalam proses pembuatannya selain 3 part yang sudah dijelaskan diatas maka wajib ditambah 1 part lagi yaitu: Tiang Penyangga.

Tiang Penyangga atau biasa disebut Tower berfungsi untuk menopang terminal akseptor agar kokoh dan tidak mudah roboh. Dalam praktiknya, Tower dapat berbentuk segitiga, segiempat atau Tiang Tunggal (Monopole).

Oleh karena sifatnya yang sangat vital, instalatir penangkal petir disyaratkan untuk lulus sertifikasi dari Dinas Tenaga Kerja kota/daerah setempat sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor PER.02/MEN/1989 dan harus dilakukan oleh instalatir profesional yang mendapatkan pelatihan serta pendidikan oleh penanggung jawab standard keamanan petir nasional yaitu kementerian tenaga kerja. Kami adalah salah satu instalatir yang mendapatkan pendidikan serta pelatihan tersebut.

CV. Tri Jaya Lutbi Technic
<div style="background-color: #30a3f0;"><a href="http://www.zopiny.com/" title="">Share Anonymously</a></div>
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Login | Maintenance Portal
Copyright © 2015. Spesialis Instalasi Penangkal Petir - Aneka Petir CV Mitra Technic Global - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogsite