Internal Protection - Surge Arrester

Written By Unknown on Selasa, 14 Juli 2015 | 00.01


CV. Mitra Technic Global Purwokerto - Jalan Jatilawang Purwokerto Km. 39 - Jaya Petir Kontraktor dan Supplier Penangkal Petir. Internal protection lightning protection merupakan sebuah instalasi penangkal petir yang berfungsi untuk mengantisifasi induksi yang disebabkan oleh sambaran petir. Induksi arus petir dapat mempengaruhi bahkan merusak jaringan listrik, jaringan PABX, jaringan elektronik dan jaringan LAN atau internet. Dalam sebuah instalasi yang menggunakan kabel baik didalam atau diluar bangunan tidak menutup kemungkinan menjadi jalan masuk untuk dilalui induksi arus petir.

CV. Mitra Technic Global Purwokerto - Jalan Jatilawang Purwokerto Km. 39Misalnya : Jaringan listrik disebuah bangunan menggunakan supply daya dari listrik melalui kabel udara PLN. Sambaran petir terjadi diluar areal bangunan dan mengenai kabel udara tersebut, maka arus petir ini akan masuk dan merambat ke dalam sebuah bangunan, meski telah dipasang eksternal protection. Bila hal ini terjadi maka jaringan listrik, jaringan PABX, jaringan elektronik atau jaringan internet yang sedang aktif akan mengalami kerusakan.

CV. Mitra Technic Global Purwokerto - Jalan Jatilawang Purwokerto Km. 39
Pada dasarnya jaringan kabel udara PLN sudah dilengkapi perangkat Penahan Petir (Surge Arrester) di setiap gardu induk, gardu distribusi, travo distribusi, akan tetapi sambaran petir sangat sulit diprediksi (waktu, tempat dan kekuatan arusnya). Maka sebaiknya kita melindungi instalasi yang menggunakan kabel yang ada didalam bangunan.

Pertimbangan yang mendasar adalah di saat petir menyambar sebuah tempat maka arus petir akan merambat kemana saja mengikuti kabel jaringan listrik, komunikasi atau struktur logam bangunan.

Teknik yang standart adalah dengan memasang internal protection dengan menggunakan surge arrester listrik secara berlapis :
- Level 1 Lightning Current Arrester / Penangkal Arus Petir
- Level 2 Surge Arrester / Penangkal Tegangan Kejut Petir
- Level 3 Device Arrester / Penangkal tegangan Induksi Petir

Pemasangan surge arrester dengan 3 level sekaligus dan pemasangan penangkal petir Flash Vectron akan menahan segala kemungkinan kerusakan.

Merancang Pengaman Bahaya Petir Untuk Jaringan Listrik

1. Perlindungan Penuh
Yang dimaksud dengan perlindungan penuh bahaya petir adalah segala kemungkinan yang akan terjadi akibat sambaran petir telah disiapkan pengamanannya. Sesuai yang telah kita bahas di atas bahwasannya sambaran petir sulit diprediksi waktu, tempat dan besarannya, jadi sangat perlu untuk memasang surge arrester petir sampai 3 tahap pengamanan. Untuk tipe perangkat dan jenis surge arrester di sesuaikan dengan besar kebutuhan daya penggunaan. Berdasarkan kebutuhan daya kami pisahkan menjadi 3 kategori :
  • Industri
  • - Level 1 Dengan tipe FLASHTRAB FLT PLUS
  • - Level 2 Dengan tipe VALVELTRAB Compact
  • - Level 3 Dengan tipe Rail Mountable
  • Perkantoran
  • - Level 1 Dengan tipe FLASHTRAB FLT PLUS
  • - Level 2 Dengan tipe VALVELTRAB-MS/F-MS
  • - Level 3 Dengan tipe Rail Mountable
  • Rumah Tinggal
  • - Level 1 Dengan tipe ...
  • - Level 2 Dengan tipe ...
  • - Level 3 Dengan tipe ...
2. Perlindungan Menengah
Perlindungan menengah bahaya petir adalah mempertimbangkan bahwasannya bahaya sambaran petir langsung yang mengenai jaringan listrik didekat bangunan, berkemungkinan kecil terjadi, misalnya lokasi bukan daerah dengan curah petir tinggi, maka surge arrester yang akan digunakan bisa dikurangi untuk level 1, tetapi hal ini sebatas inisiatif penghematan.

3. Perlindungan Khusus
Perlindungan khusus maksudnya perlindungan perangkat akan bahaya petir hanya sampai kepada masing-masing peralatan saja, hal ini dipilih dengan pertimbangan jumlah peralatan elektronik yang penting hanya sedikit, pengguna rumah tinggal, kantor kecil yang cocok untuk sistem ini.

CV. Tri Jaya Lutbi Technic
<div style="background-color: #30a3f0;"><a href="http://www.zopiny.com/" title="">Share Anonymously</a></div>
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Login | Maintenance Portal
Copyright © 2015. Spesialis Instalasi Penangkal Petir - Aneka Petir CV Mitra Technic Global - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogsite